Permainan Pesta Ulang Tahun ke 3
Permainan untuk pesta ulang tahun ke 3 untuk anak, tidak lagi sesederhana pesta ulang tahun untuk anak 1 dan 2 tahun. Berikut permainan untuk anak 3 tahun

1. Kelilingkan Kadonya (siapkan hadiah yang dibungkus longgar dengan 4-5 lapis kertas. Iringi dengan musik lagu anak-anak riang). Anak-anak duduk membentuk lingkaran dan seorang anak memegang kado. Putar musik dan minta anak-anak mengelilingkan kado tersebut. Hentikan musik, dan anak yang sedang memegang kado saat musik berhenti harus membuka satu lapis bungkus kado (pastikan bungkus kado mudah dibuka).

Nyalakan lagi musiknya, dan kelilingkan lagi kadonya sampai musik dihentikan dan anak yang memegang kado membuka lapis bungkus kado kedua. Demikian seterusnya sampai lapisan bungkus kado habis. Anak yang membuka bungkus kado terakhir, boleh memiliki isi kadonya.

2. Simon Says...Permainan ini merupakan party games asal Barat yang menggunakan sosok “Simon” sebagai pemberi instruksi, dan dilakukan dalam bahasa Inggris. Anda dapat mengadaptasikannya dengan tokoh lokal dan instruksi dalam bahasa Indonesia.
Anak-anak harus menirukan aksi Anda (sebagai Simon) tiap kali Anda mengatakan, “Simon says...” Contoh: Bila Anda mengatakan, “Simon says clap your hands”, anak-anak harus mengikuti Anda bertempuk tangan. Bila Anda tidak mengatakan “Simon says...” sebelum instruksi, mereka tidak boleh bertepuk tangan walaupun Anda sudah bertepuk tangan.

Instruksi lainnya misalnya

    * “Simon says... waving your arms in the air!” (gerakan melambaikan tangan di udara).
    * “Simon says... hopping!” (gerakan melomcat-loncat).
    * “Simon says... leaping like a frog!” (gerakan melompat seperti kodok).
    * “Simon says... laying in the floor!” (gerakan berbaring di lantai).

3. Hop! Kelinci Lompat. Minta anak-anak meloncat-loncat seperti kelinci di sekeliling ruangan pesta, sampai Anda berseru “AWAS! ADA SERIGALA!” Saat itulah anak-anak harus berhenti meloncat, berdiri tegak dan tidak boleh bergerak  -bila ia bergerak, maka ia tidak boleh ikut lagi dalam permainan.  Setelah beberapa detik, katakan lagi “OKE, SUDAH AMAN!” dan ajak anak-anak meloncat-loncat lagi.
Ganti sumber-sumber bahaya bagi kelinci dengan kata “Pemburu”, “Musang”, atau  “Harimau”. .

4. Tepuk Balon (siapkan balon karet berukuran sama, sesuai jumlah anak). Anak-anak berdiri berjajar, masing-masing mendapat sebuah balon. Ketika aba-aba “Mulai!”,  minta anak-anak menepuk-nepuk balonnya ke udara dengan tangan, tidak boleh sampai jatuh ke tanah. Sewaktu aba-aba “Berhenti!”, semua anak harus menangkap kembali balonnya. Lakukan berulang 3 hingga 4 putaran permainan, dan anak yang balonnya tidak pernah jatuh ke tanah mendapat hadiah

Tips: Dilarang menggunakan balon gas untuk pesta ulang tahun balita.

5. Lempar Bola (siapkan bola-bola dari kertas koran yang diremas, garis batas tempat melempar). Permainan ini sederhana saja. Bagikan sebuah bola kertas untuk setiap anak. Secara bergantian, minta anak berdiri di garis batas tempat melempar lalu melempar bola mereka ke arah tertentu sekuat mungkin. Ukur bola milik siapa lemparannya paling jauh. Pemenangnya mendapat hadiah.

6. Siapa Melompat Paling Jauh? (iringi musik lagu anak-anak sebagai backsound). Permainan ini menuntut anak untuk melakukan sebuah gerakan spesifik dalam jangka waktu tertentu. Buatlah lintasan untuk lomba melompat. Minta anak satu per satu melompat dengan satu kaki menyeberangi lintasan tersebut. Bila anak menurunkan kakinya –sengaja atau tak sengaja– maka ia harus duduk di titik tersebut. Anak yang bisa melompat  paling jauh atau mencapai garis finish, dialah pemenangnya.


Baca Juga :