Balita Suka Pegang Puting Payudara
Salah satu hal yang wajib dikuasai orangtua anak balita adalah menghadapi kebutuhan anak akan security and comfort objects. Itu karena, di usia 1-2 tahun, tatkala anak lepas dari air susu ibu atau ASI,  ia akan membutuhkan objek transisi untuk menyamankan dirinya.  Bisa berupa boneka, selimut, bantal, atau bagian tubuh tertentu dari bundanya.

Salah satu bentuk security and comfort objects yang kerap dikeluhkan adalah kebiasaan anak memegang puting payudara bunda atau mentil, yang oleh sebagian orang dianggap tak lazim, apalagi bila dilakukan di depan umum. Namun demikian, mentil bagi para ahli perkembangan tetap dianggap kondisi yang wajar dilalui anak usia 1-2 tahun, sebab melalui aktivitas itu anak mendapatkan kenikmatan, kenyamanan bahkan rasa aman.

Ahli perkembangan bahkan menyatakan kebiasaan anak mentil  tanpa disadari justru dibentuk oleh ibunya. Misalnya, saat anak masih menyusu karena ingin anak cepat tidur atau tidak rewel, bunda menyorongkan payudara dan  membiarkan anak memegangnya hingga terlelap. Jika hal itu dilakukan terus-menerus, tentu akan menjadi kebiasaan dan ketergantungan.

Lewat dari usia 2 tahun, Bunda harus mengubahan kebiasaan mentilnya. Agar anak tidak terjebak dalam fase ini dan menganggu tumbuh kembangnya.

Baca juga:
Menghentikan Kebiasaan "Mentil"


Baca Juga :